Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
terjadi Karhutla petugas gabungan temukan gerigen , di Kabupaten Rokan Hulu Riau

Rokan hulu, mataexpose.com -Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Rokan Hulu Riau. Kepulan asap pekat terpantau petugas gabungan TNI Polri bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu saat melaksanakan patroli, Sabtu (30/7/2022).

Tim gabungan yang melihat hal itu, langsung melakukan pencarian dan berhasil menemukan lokasi Karhutla.

Dapat diketahui, area yang diduga di bakar merupakan lahan jenis mineral yang terletak diperbukitan dan telah di Imas tumbang.

Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir mengatakan, luas lahan yang di duga di bakar lebih kurang 10 Hektar. Selain itu, petugas gabungan juga menemukan Jerigen di lokasi kebakaran.

“Luas kebakaran lebih kurang 10 hektar diduga sengaja di bakar karena tanaman yang ada di dalam telah di Imas tumbang,”.

“Tim gabungan juga menemukan Jerigen dilokasi diduga tempat penyimpanan minyak,” tegas Serda Dedy Nofery Samosir.

Sebelumnya, Karhutla di arel perbukitan yang berada di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu sudah dua kali terjadi, Sabtu (9/7/2022).

Kebakaran yang berlangsung beberapa hari, menghanguskan kawasan hutan dan lahan seluas lebih kurang 80 hektar.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Rokan Hulu Marundung Tua Simbolon, SE menghimbau warga agar tidak membakar jika ingin membuka lahan.

“Saat tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri bersama BPBD Rohul melakukan patroli, kami melihat kepulan asap. Selanjutnya, kami melakukan pencarian dan menemukan lokasi Karlahut dan melakukan pemadaman secara manual. Saat ini, api telah padam,”.

“Kami menghimbau kepada warga, secara tegas agar tidak membuka lahan dengan cara membakar,” ucap Marundung Tua Simbolon. (Rls) paijo

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp