Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Perayaan Pesta Gotilon dan Ulang Tahun HKBP Ciluar ke-43 Berjalan Hikmat dan Sukacita

BOGOR – Gereja HKBP Ciluar Resort Ciluar yang di Pimpin (Uluan) Pdt.Marudut Naibaho,STh,.MM merayakan Pesta Gotilon Tahun Profesionalisme dalam Penata Layanan, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun HKBP Ciluar ke- 43 dan Parheheon Ama dengan mengusung tema Filipi 2 ayat 12 “Kerjakan keselamatan dengan Takut dan Gentar”. Perayaan tersebut dilaksanakan di gereja HKBP Ciluar Resort Ciluar yang beralamat di jln.Raya Bogor Kp.Dharmabakti No.01 Rt 02/01 Ds.Cijujung Kec.Sukaraja Kab.Bogor. ( Minggu 22/10/2023)

 

Pesta Gotilon atau perayaan ucapan syukur yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh umat Nasrani khususnya jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Istilah pesta yang dilakukan oleh masyarakat adat Batak tentu memiliki arti dan simbolnya masing-masing. Begitu juga dengan pesta syukuran ala masyarakat Batak bernama Pesta Gotilon. Arti Gotilon itu sendiri berarti panen, yang berasal dari kata “gotil” atau mencubit.

 

Pelaksanaan Pesta Gotilon tidak lepas dari tempat ibadah yaitu gereja. Hasil memanen dipercaya oleh masyarakat bahwa bagian dari kesempatan yang baik dan khususnya bagi jemaat gereja yang menyatakan syukur atas berkat yang diterima dari Tuhan. Selain itu, hasil dari pekerjaan ini nantinya akan dipersembahkan untuk gereja.

 

Dalam tradisi Gereja Batak, Pesta Gotilon menggunakan persembahan (Silua) berupa hasil panen pertama (buah sulung) dari hasil pekerjaan yang dilakukan.

 

Pesta Gotilon memang termasuk dalam agenda peribadatan gereja. Namun, tujuan dari Pesta Gotilon ini bagian dari ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas kelancaran selama proses menanam hingga waktu panen telah tiba.

 

Seiring berjalannya waktu, simbol untuk ucapan rasa syukur kepada Tuhan tidak lagi dalam bentuk hasil bumi. Di masa kini, telah terjadi pergeseran, yang tadinya dari desa menjadi semi kota dan dari semi kota menjadi kota besar (modern). Pada akhirnya masyarakat akan beralih ke jasa dan industri.

 

Maka dari itu, persembahan (silua) yang digunakan tidak lagi hasil bumi, namun mempersembahkan dalam bentuk benda (parsel) atau uang. Hal ini umum dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Pada puncak acara, uang itu dibawa di atas piring.

HKBP Ciluar Resort Ciluar tahun ini melaksanakan pesta Gotilon melalui panitia pesta, yang dikemas dalam bentuk pra pesta yang di mulai dari tanggal 15/9/2023 sampai 14/10/2023 dan pesta Puncak tanggal 22/10/2023. Adapun kegiatan Pra pesta yang diselenggarakan oleh panitia berupa perlombaan antar wilayah (Wijk) seperti pertandingan bola Voli, Catur, Merias, Memasak dan Vocal group.

 

Pesta puncak Gotilon dan perayaan ulangtahun ke 43 serta pesta Parheheon Ama yang di laksanakan tepat pada hari Minggu 22/10/2023 dengan rangkaian acara diawali penyerahan beras secara simbolis kepada warga sekitar dan dilanjutkan prosesi ibadah yang dipimpin Pdt.Marudut Naibaho,STh,.MM sebagai Pengkhotbah, Agenda St. P. Manalu dan St. A. Simamora sebagai pembaca warta yang diikuti penatua dan panitia.

 

Dalam acara ibadah puncak pesta Gotilon yang di hadiri seluruh jemaat HKBP Ciluar yang terlihat sangat bersukacita dan mengikuti ibadah dengan hikmat.

 

Pdt.Marudut Naibaho,STh,.MM selaku pimpinan (Uluan) HKBP Ciluar Resort Ciluar dalam Khotbah nya menyampaikan pesan Thema, Tuhan memakai Koresh sebagai alat Nya ( Yesaya 45 : 1-7)

 

Dalam kotbahnya Pdt. Marudut Naibaho menyampaikan dan menekankan kembali kepada seluruh Jemaat Bahwa Manusia hidup dengan iman dan berkat dengan mengandalkan Tuhan.

 

Pdt.Marudut Naibaho juga mengajak Umat HKBP Ciluar Resort Ciluar hidup dengan mengandalkan Nama Tuhan.

Karena dengan mengandalkan Nama Tuhan, Pdt. Marudut Naibaho percaya Umat akan di penuhi Iman dan berkat yang kekal.

 

Sementara itu Ketua panitia pesta Gotilon Juanda Sitanggang dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Uluan (Pimpinan Gereja) Pdt Marudut Naibaho dengan pesan Firmannya, Juanda Sitanggang juga berterimakasih kepada seluruh tim panitia dan seluruh jemaat HKBP Ciluar atas Terselenggaranya Pesta Gotilon juga pesta ulangtahun Gereja HKBP ke-43 serta Parheheon Ama yang berjalan dengan lancar.

 

Juanda Sitanggang berharap dalam Pesta Gotilon dan ulang tahun ke 43 HKBP Ciluar sekaligus pesta Parheheon Ama atau bangkit nya semangat kaum Bapak bapak dalam Gereja dan Iman.

 

Berharap dalam acara Pesta Gotilon ini, rasa persatuan yang kuat dalam Gereja akan menguatkan Iman seluruh umat.

 

Penghormatan special dalam pesta Gotilon juga di tunjukan kepada kaum Lansia yang menyimbolkan hadirnya para Orang tua adalah cermin bagi kehidupan mendatang.

 

Meski dikemas secara sederhana, jemaat tampak begitu antusias dan bersukacita mengikuti acara perayaan sekaligus memberikan persembahan syukur sebagai buah atas berkat dan karunia yang telah Tuhan berikan melalui pekerjaan sehari-hari. Persembahan (Silua) dari setiap masing-masing sektor/wilayah(Wijk) tersebut diserahkan ke Gereja atau panitia pesta Gotilon dengan di iringi musik tortor.

 

Kegiatan juga diisi dengan hiburan dan tortor yang ditampilkan mulai tortor panitia, Seksi Sekolah Minggu, Seksi Remaja, Seksi Pemuda dan pembagian Doorprize serta pembacaan juara lomba pra pesta. Kegiatan pesta Gotilon pun berjalan lancar sampai selesai dan ditutup oleh Pdt.Marudut Naibaho.

 

Red

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp