Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Jagung Sudah Memberi Hasil, Masyarakat Ucapkan Terimakasih Pada Bupati Humbahas

Lintongnihuta (Humbahas) -Panen jagung dari Kelompok Tani Barisan Nauli dari Desa Hutasoit I, kecamatan Lintongnihuta bersama Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE bisa menghasilkan 7 ton per hektar bahkan lebih, hal ini merupakan hasil ubinan Dinas Pertanian pada panen tersebut, Senin 2 Oktober 2023.

Peralihan bertanam masyarakat Humbang Hasundutan dari petani ‘gurem’ menjadi fokus pada bertanam jagung memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi dengan sosialisasi dan kerja keras Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama Dinas Pertanian dan jajarannya tidak sia-sia.

Masyarakat sudah memperoleh hasil dari bertanam jagung yang selama ini belum pernah dirasakan oleh masyarakat, apalagi dengan harga sekarang yang mencapai Rp. 5000 per Kg, sudah sangat menguntungkan masyarakat.

Ketua Kelompok Tani Barisan Nauli mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE karena arahan dan bimbingannya kepada petani, sehingga hasilnya sudah bisa kami rasakan.

Pada awalnya peralihan dari bertanam cabai, tomat dan padi ke Jagung memang sangat sulit, tetapi saat ini secara umum masyarakat sudah banyak yang bertanam jagung. Bertanam jagung selain biaya yang lebih murah, juga merawatnya tidak sulit tetapi hasilnya sangat menguntungkan.

Pada kesempatan itu, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE pada rembug bersama poktan bersenda gurau dan bertanya. Apakah dengan bertanam jagung menguntungkan? Hampir serentak menjawab, untung!

Bupati menyampaikan bagaimana sulitnya peralihan sampai masyarakat benar-benar bertanam jagung. Banyak tantangan bahkan sampai masyarakat membuli dengan macam-macam tidak masalah, yang penting masyarakat saat ini sudah merasakan hasilnya.

Dengan kesuburan tanah di Hutasoit II ini, jika benar-benar dikelola dan mengikuti arahan PPL dari Dinas Pertanian, saya yakin bisa mencapai 8 – 9 ton per ha.

Usai panen jagung, Bupati bersama rombongan meninjau Jalan Usaha Tani (JUT) Kelompok Tani Parbue Nauli Desa Hutasoit I Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang
Hasundutan. (Demak PS)

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp