Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Pemerintah Desa Jambudipa Gelar Cara Peningkatan Kapasitas LKD

Cianjur, Mataexpos.com – Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW pemerintah Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur/Jawa Barat, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) RT dan RW. Pelatihan tersebut dihadiri pemerintahan Desa, BPD, seluruh ketua Rt dan ketua Rw se-Desa Jambudipa. Kegiatan tersebut berlangsung di Sangga Buana Hotel Cipanas, Cianjur. Sabtu (23/7/2022),

Mewakili Kepala Desa Jambudipa, Dadan Suhandi (Sekdes) menyebut, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tersebut penting untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” ujar Dadan Suhandi.

Dadan mengungkapkan, tugas pungsi RT/RW adalah untuk membantu Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT 02 Desa Jambudipa, mengaku bangga dengan adanya kegiatan pelatihan RT/RW tersebut, sehingga merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan peningkatan kapasitas ini.

“Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT/RW, diharapkan usai kegiatan ini kami dapat merealisasikannya di lingkungan untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat,” imbuhnya.

Ace

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp