Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Pemuda Pulo Aceh Luncurkan Aplikasi PULO

Pulo Aceh , Minggu (17/7/22) Mataexpose.com — Dunia digital saat ini sangat begitu dibutuhkan. Sampainya Pemuda Pulo Aceh Mustafa Kamal menciptakan Aplikasi PULO Delivery dan PULO Driver, yakni sebuah aplikasi transportasi dan Wirausaha online dengan fitur lengkap dan ekosistem digital terbesar yang terintegrasi untuk mendukung terbukanya lapangan kerja baru dan tumbuh kembangnya pelaku industri UMKM Aceh.

Berpegang pengalaman profesional dengan meraih enam Kejawaraan Kewirausahaan Sosial Nasional di Jakarta, Surabaya, Makasar dan Yogjakarta serta pengalaman lintas bisnis UMKM di Aceh. Mustafa Kamal sebagai Founder dan CEO PULO Delivery sempat menjadi Network J&T Carqo. Pengalaman tersebut membuat Mustafa Kamal memahami tantangan yang dihadapi pelaku UMKM lokal. Selain itu selama Mustafa Kamal berjabat sebagai Sekretaris Imuem Mukim Pulo Breuh Selatan Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, Kamal merasakan langsung kondisi Sosial, Ekonomi dan Lingkungan masyarakat Pulo Aceh diantaranya pelayanan Transportasi laut dan darat yang belum memadai yang membuat Pulo Aceh sulitnya dijangkau oleh wisatawan, pendapatan masyarakat minim namun pengeluarannya cukup besar, maraknya pengeboman ikan yang membuat para nelayan harus mencari nafkah dengan mempertaruhkan nyawa diujung selang, cita-cita para generasi tinggi namun kualitas pendidikan cukup rendah, pelayanan kesehatan yang belum memadai, bahkan Kondisi kantor camat pulo Aceh sebagai pusat pelayanan publik pun belum beroperasi di Pulo Aceh sebagaimana mestinya.

Melalui pengalaman yang dimiliki pendiri PULO Delivery menemukan kesamaan misi dengan Pemerintah Aceh untuk membangun wilayah kepulauan dan mengatasi kesulitan bisnis UMKM dan menyelesaikan berbagai problem sosial, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan diera pandemi covid 19.

Aplikasi”PULO Delivery dan PULO Driver ini dibuat bukan hanya untuk menyelesaikan masalah di Pulo Aceh saja namun dengan Aplikasi ini dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi di Aceh khususnya wilayah-wilayah kepulauan yang bernasib sama seperti Pulo Aceh. Saat ini PULO Delivery sedang membentuk team yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Aceh untuk terus berinovasi menciptakan platform aplikasi transportasi dan wirausaha lengkap, merubah mindset menjadikan teknologi terjangkau dan mudah digunakan, sekaligus memberikan layanan tanpa henti 24 jam. Selain itu juga kami mulai aktif melakukan pelatihan kepada pelaku UKM melalui webinar, agar para pelaku UKM di Aceh dapat terus maju menembus ekosistem digital, selain dari itu kami terus melakukan Audiensi dengan pemangku kepentingan agar PULO Delivery dan PULO Driver mendapatkan dukungan dari Wali Nanggroe Aceh, Pemerintah Aceh dan masyarakat Aceh, adapun kedua aplikasi ini pengguna, sudah dapat di Download di Playstor ujar Kamal saat ditemui dikantor perwakilan PULO Delivery baru-baru ini di Kota Banda Aceh.

PULO Delivery yang dijadwalkan akan launching di Ibu Kota Kecamatan Pulo Aceh Lampuyang pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Kemudian Hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 dilanjutkan dengan pembukaan Pameran dan Penetapan Hari Pekan Pulo Aceh, setelah itu Founder dan CEO PULO Delivery Mustafa Kamal bertolak ke Pulo Nasi untuk berziarah Menjenguk Sang Raja di Gampong Alue Reuyeung Kemukiman Pulo Nasi, Makam Raja yang berasal dari zaman Kerajaan Aceh Darussalam ini memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Deli yang merupakan bukti sejarah sebagai pusat kedudukan penguasa pulau-pulau di barat laut Aceh. Kemudian di hari Jum’at tanggal 19 Agustus 2022 Mustafa Kamal dijadwalkan akan mengisi Khutbah Jum’at disalah satu Mesjid di Kecamatan Pulo Aceh dengan tema __Menuju Pulo Aceh yang baru dengan kekuatan Ekonomi Ummat__ _ , Selain itu dilanjutkan pada Tanggal 20 Agustus 2022 hari Sabtu menuju Desa Rinon Kemungkiman Pulo Breuh Utara Kecamatan Pulo Aceh, Desa Rinon ini berasal dari kata RI non yang berarti titik nol republik Indonesia (RINON) dengan mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan turut membagikan 1.000 odol Gigi Herbal kepada Masyarakat Pulo Aceh, selain itu dari gerakan ini masyarakat dapat menitip pesan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Aceh melalui fitur Aplikasi Pulo Sehat agar pelayanan kesehatan di Kecamatan Pulo Aceh kedepan dapat membaik, kemudian di lanjutkan di Hari Minggu Tanggal 21 Agustus 2022 dengan kegiatan Khanduri Kebersamaan dengan mempersatukan tokoh-tokoh Pemuda dan Masyarakat Pulo Aceh di Desa Meulingge, desa ini terdapat Bangunan tua yang bernama mercusuar William’s Torren, William’s Torren hanya terdapat tiga di dunia, yakni di Pulau Karibia, Belanda, dan Pulo Aceh. Mercusuar di Pulo Aceh dibangun pada tahun 1875 dengan cucuran keringat dan darah Rakyat Indonesia Pulo Aceh yang dijajah Belanda. mercusuar itu menjadi penunjuk arah kapal-kapal pengangkut hasil bumi merapat ke pelabuhan. Pada masa lampau, Pulo Aceh adalah penghasil kopra dan cengkeh. Setelah Belanda pulang, bangunan itu dibiarkan begitu saja, dan sudah selayaknya dan sepatutnya pemuda Pulo Aceh dapat mengembalikan masa keemasan Pulo Aceh dimasa lampau, dengan menjadikan cengkeh sebagai bahan baku industri pasta gigi dan produk lainnya selain itu kopra dapat di jadikan VCO dan Minyak Goreng yang berkualitas sehingga pemenuhan kebutuhan minyak goreng di Pulo Aceh dapat terpenuhi.

Selain itu para pemuda dan masyarakat Pulo Aceh dapat menikmati Kuah Belangong menu Gurita yang merupakan salah satu Kuliner Khas Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. sebagai hujud dari keseriusan masyarakat Pulo Aceh untuk membuka pusat kuliner yang dapat disajikan kepada wisatawan yang mengunjungi Pulo Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan takziah samadiah ke rumah saudara-saudara kami di Kemungkinan Pulo Breuh Selatan Kecamatan Pulo Aceh sebagai puncak Lauching Pulo Delivery.

PULO Delivery juga membuka peluang bagi UMKM untuk dapat menjual produk melalui beberapa saluran offline dan online dalam satu fitur aplikasi. Dengan kemitraan yang kuat, terintegrasi ke beberapa marketplace, dan memiliki hubungan yang baik dengan berbagai asosiasi UMKM.

PRIORITAS

Selain produk dan layangan menjadi prioritas utama bagi PULO Delivery, salah satu yang menjadi nilai utama dalam inovasi PULO Delivery, yakni dapat menciptakan dampak positif seluas luasnya bagi lingkungan dan masyarakat.

“Selain itu, ada tiga core values yang selalu dipegang teguh PULO Delivery, yakni Disruptive Innovation, dimana di PULO Delivery, kami terus terpacu berinovasi mencari ide baru agar selalu relevan dengan kebutuhan Masyarakat dan UMKM di masa kini dan masa depan, kemudian Faster Better, dengan pesan bahwa PULO akan selalu berusaha menghadirkan yang terbaik dan terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, dan yang paling penting lainnya adalah Social Impact, bahwa setiap karya, setiap inovasi, dan setiap solusi yang PULO hadirkan harus memberikan dampak positif dan baik bagi lingkungan dan masyarakat,” Mustafa Kamal

Harapan
Kamal berharap apa yang dilakukannya dapat menjadi bagian dalam pertumbuhan ekonomi Aceh “Saat ini, PULO Delivery berkarya bersama 10 anak muda Aceh dan kedepannya dapat bertambah menjadi 10.000 anak muda Aceh, yang terus berkomitmen menghadirkan teknologi yang dapat memberikan kemudahan dan terjangkau, PULO Delivery hadir untuk terus memberdayakan Masyarakat Kepulauan dan UMKM Aceh agar maju dan berkembang, menciptakan lebih banyak lagi UMKM terintegrasi ekonomi digital, dan mengambil peranan sebagai salah satu alat percepatan pertumbuhan perekonomian negeri.” Tuturnya.

“Beribu wirausaha PULO Delivery untuk Aceh, memajukan UMKM dengan inovasi financial technology untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Aceh, dan menjadi saksi tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru Aceh, dimana hal ini dapat membantu membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi dan dapat mengurangi isu sosial seperti pengangguran dan kemiskinan, merupakan salah satu mimpi dari PULO Delivery,” ujar Kamal

Kamal berkomitmet akan terus berinovasi dan menjadi solusi bagi Masyarakat Kepulauan dan para pelaku UMKM, “Karena kami percaya peran UMKM sangat berarti untuk perekonomian Kepulauan. membantu UMKM berarti membantu ekonomi kerakyatan, menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan mendorong Indonesia maju dengan menciptakan lebih banyak wirausaha baru di Aceh”, pungkas Pemuda Pulo Aceh Mustafa Kamal.

(Rid)

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp