Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Bupati Aceh Barat Menilai Festival Ekonomi Syariah Sumatera Coreng Nilai Syariat Islam di Aceh

Aceh Barat, mataexpose.com – Bupati Aceh Barat H. Ramli MS sangat menyanyangkan sikap panitia pelaksana Festival Ekonomi Syariah Sumatera yang digelar dihalaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional Rapa’i Geleng,Jum’at (05/8/2022).

Bupati Aceh Barat H Ramli Ms menilai sikap dari panitia pelaksanaan yang mencoreng nilai-nilai agama dan budaya dalam penerapan nilai nilai syariat islam dibumi Serambi Makkah.

“Hal ini lantaran kegiatan tersebut dilakukan ditempat yang tidak semestinya dan banyak melanggar aturan apalagi dengan memukul rapai dihalaman masjid. Bahkan acara tersebut itu tidak tahu adab dan etika dengan melanggar nilai nilai penerapan syariat islam di Aceh serta nilai nilai budaya” Ujar Bupati H. Ramli Ms kepada media, Sabtu (6/08/2022).

Tambah Bupati Ramli, dirinya menilai seharusnya panitia yang merupakan warga Aceh seharusnya lebih faham tentang aturan dalam nilai-nilai keagamaan dan warisan kebudayaan. Memang Adat Bak Poeteumerhom Hukom Bak Syiah Kuala sering didengungkan, tapi pihak panitia harus faham dalam artian tersebut.

Ungkap Bupati Ramli, ini juga sangat menggangu dengan orang orang yang datang beribadah ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh selama acara pembukaan itu.

“itu kan rumah Allah SWT, seharusnya mereka faham, ketika ada acara orang datang beribadah dan berdoa dirumah Allah SWT. Memang Adat Bak Poeteumerhom Hukom Bak Syiah Kuala sering didengungkan, tapi mereka harus tahu kegiatan kegiatan apa yang boleh dilakukan dihalaman masjid, salah satunya seperti pernikahan, bukan pagelaran seni yang bisa membangkitkan gairah-gairah yang lain dalam menyoreng nilai nilai syariat islam dan budaya. Ada tempat lain yang seharusnya bisa dilakukan hal hal seperti itu, bukan dihalaman masjid.”tegasnya.

Dirinya mengharapkan kepada Pj Gubernur Aceh agar menegur pihak panitia pelaksana terkait dengan pelaksana Festival Ekonomi Syariah Sumatera yang digelar dihalaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional Rapa’i Geleng,Jum’at (05/8/2022), dalam mendukung penerapan nilai nilai syariat islam di Bumi Serambi Mekkah.

“saya rasa kegiatan ini pak Pj Gubernur tidak tahu tentang pelaksanaan ini, kalau tahu mana mungkin dia bisa kasi izin untuk pelaksanaan kegiatan seperti ini dihalaman masjid raya Baiturahman Banda Aceh. Saya Juga berharap ada teguran kepada panitia pelaksana terkait dengan pelaksanaan Festival Ekonomi Syariah Sumatera yang digelar dihalaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional Rapa’i Geleng, Jum’at (05/8/2022).”tutup Bupati Ramli MS. (HWRD)

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp