Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Donor Darah: Kepala Desa Trimulya Jaya Bersama PMI Palalawan Gelar Aksi Kemanusian

Palalawan, mataexpos.com – Menjadi kepala desa tak hanya mengurusi pemerintahan dan pembangunan saja. Urusan sosial kemasyarakatan juga tak lepas dari perhatian seorang Kepala Desa. Salah satunya, menumbuhkan partisipasi donor darah masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Rustam Kepala Desa Trimulya Jaya Kecamatan UKUI Kabupaten Palalawan Prov. Riau, pada pelaksanaan donor darah bersama PMI di kantor Desa Trimulya Jaya. Rabu (3/8/2022)

“Ya, Usai terhenti beberapa waktu akibat pandemi COVID-19, hari ini pemerintah desa Trimulyo kembali menggelar donor darah yang rencananya akan dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali,” katanya.

Menurutnya, kegiatan donor darah tersebut sebagai wujud kemanusiaan terhadap sesama. Ia pun berterimakasih kepada masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya, semoga kegiatan donor terus berlanjut dan antusias masyarakat semakin tinggi.

“Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat Trimulya jaya yang telah bersedia mendonorkan darah mereka untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini terus berlanjut dan masyarakat semakin antusias,” ungkapnya.

Selain bentuk aksi Kemanusiaan, tambah Rustam, manfaat dari donor darah antara lain mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, dan menjadikan pikiran lebih stabil.

“kegiatan donor darah berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Para pendonor yang mayoritas dari warga masyarakat desa setempat terlihat antusias menyumbangkan setetes demi setetes darah mereka untuk sesama yang membutuhkan,* imbuhnya.

Adapun Para calon pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya, diantaranya mengecek tekanan darah dan berat badan yang ideal. Kemudian kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan sedang datang bulan (wanita), tidak memiliki penyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak satu minggu sebelumnya.

Kegiatan tersebut diprakarsai dan didukung oleh beberapa organisasi yang ada di wilayah setempat. Seperti karang taruna, komunitas pemuda desa.

Adapun penyelenggaraannya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Palalawan dengan dibantu bidan desa.

Paijo

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp