Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Dinas PMDP2A Minta Pemdes Simarigung Bersinergi Tuntaskan Masalah Stunting.

ket.foto : Kadis PMDP2A didampingi       Kades, Bidan Desa dan Kepala Sekolah   SD di Desa Simarigung.

Humbahas,,,,MataExpose.Com. –Kepala Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Binsar Marbun meminta Pemerintah Desa Simarigung Kecamatan Dolok Sanggul agar bersinergi menuntaskan masalah kasus stunting didaerahnya.

 

Hal itu, dikarenakan angka kasus stunting di daerah tersebut sangat tinggi, dan perlu menjadi perhatian Pemerintah Desa kepada masyarakatnya.

Itu disampaikan, Binsar kepada sejumlah perangkat desa , bidan desa, kepala sekolah, Rabu (15/2) di kantor Desa Simarigung.

 

Dikatakanya, persoalan stunting merupakan tanggungjawab bersama, baik pelayanan kesehatan, pemerintah desa hingga sekolah.

 

Karena dalam penanganan kasus stunting harus dilakukan secara konvergensi dengan bergotong royong.

” Kepala Desa harus siap mengatur perangkatnya hingga kepala dusun, untuk turun bersama pelayanan kesehatan memberikan gizi kepada ibu hamil, dan anak balita,” imbaunya.

 

” Selain itu, Pemdes harus selalu berkoordinasi kepada Bidan Desa, apa hal yang dibutuhkan untuk menekan angka tersebut, apakah dengan pemberian susu atau vitamin yang dibutuhkan,” harapnya.

 

Selain dari perangkat desa, sekolah, juga peran kader pembangunan manusia atau KPM yang dibentuk secara khusus di desa.

 

Menurut dia, peran KPM harus siap memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahaan stunting di pedesaan. Dan kader ini juga harus dibekali pelatihan sebagai tolak ukur dalam rangka memaksimalkan langkah strategis dalam penurunan stunting.

 

Dengan fungsi, lanjut dia, membantu bidan desa dalam mengintervensi gizi yang terintegrasi ditingkat desa.

 

“Nanti para bidan, mereka juga yang menemani ibu ke rumah warga-warga. Tapi, sebelumnya berikan dulu sama mereka pengkaderan kesehatan tentang stunting,”pinta Binsar.

 

Untuk melihat angka stunting turun atau tidaknya ini, lanjut dia, pihaknya akan kembali turun.

 

“Kita akan memonitoring kenerja para Perangkat Desa dan Kepala Desa,” tegasnya.

 

Pada kesempatan itu, Binsar juga mengungkapkan perhatiannya terhadap pendidikan anak desa terkhusus dibidang numerisasi yang juga merupakan program prioritas Bupati Dosmar Banjarnahor.

 

“Kalau anak-anak di sekolah bagaimana? Apakah sudah mengikuti program matematika gasing (Gampang, Asyik dan menyenangkan)?, koordinasi dengan sekolah dasar yang ada, jika sekolah belum menerapkan gasing, rekomendasikan kepala sekolah untuk koordinasi dengan dinas pendidikan agar disekolah itu bisa diterapkan,” ungkap Binsar.

 

Masalah pelayanan administrasi kependudukan juga tak terlepas dari perhatian Binsar Marbun, dirinya meminta agar setiap Kepala Dusun untuk turun langsung ke masyarakat untuk aktif melakukan pelayanan administrasi kependudukan masyarakat.

 

“Setiap Kepala Dusun harus aktif turun langsung kelapangan, tanyai masyarakat tentang administrasi kependudukan mereka, agar tidak adalagi masyarakat yang terkendala tentang adminduk,” ucap Binsar.

 

Termasuk dalam hal jam kerja para aparatur Perangkat Desa, ia menegaskan agar Perangkat Desa displin waktu dalam pekerjaan guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Desa.

 

Bukan hanya itu, Mantan Camat Tarabintang itu juga menyinggung soal pengembangan ketahanan pangan, dimana dirinya memesankan Perangkat Desa agar selalu mengajak para masyarakat untuk tetap memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif di desa tersebut.

 

Sementara, Kepala Desa Simarigung (Kades), Dowes Simamora berharap seluruh perangkat desa berkolaborasi dan bekerjasama untuk mengentaskan stunting, termasuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

 

“Saya sangat berharap kepada kita teman-teman perangkat desa agar selalu berkoordinasi kita, terutama untuk hal sosialisasi kepada masyarakat,” saran Dowes.

(Demak S).

 

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp