Mata Expose

Jika Ada Pihak Instansi Pemerintahan dan Swasta Maupun Pribadi yang merasa di Rugikan oleh Oknum yang mengaku mengatasnamakan Jurnalis MEDIA MATAEXPOSE.COM Tanpa Ada Tercantum Namanya di Box Redaksi Maka Bukan Wewenang dan Tanggung Jawab Redaksi MEDIA MATAEXPOSE.COM atau Silakan Laporkan Kepada Pihak Yang Berwajib.
Waspada, Bahu Jalan Jembatan Penghubung Dapet-Dawar Ambles

Gresik-Mataexpose.com|~  Debit air Kali Lamong yang meningkat mengakibatkan jembatan yang menjadi akses utama jalan Dapet-Dawar di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, ambles.

Jembatan yang terletak, Dusun Dapet, Desa Dapet, Kecamatan Balonggpanggang, itu longsor. Longsor terjadi di bahu kiri jembatan. Bahkan, titik yang longsor sudah bolong dengan membentuk lubang longsoran dengan volume 3m × 2m serta kedalaman 4,5m.

Camat Balongpanggang, Muhammad Amri ketika dikonfirmasi terkait longsor sisi  jembatan Dapet-Dawar menuturkan akibat curah hujan tinggi pada wilayah Mojokerto, Lamongan & Gresik kemaren, terjadi kenaikan debit air pada wilayah Kecamatan Balongpanggang. Sehingga di salah satu sisi jembatan mengalami longsor.

” Iya benar, sisi jembatan Dapet-Dawar mengalami longsor, Kita sudah kordinasi dengan Dinas PUTR Kabupaten Gresik mengenai hal ini, dan hari ini sudah ada pengecekan dari dinas PU ” terang Amri panggilan akrab camat Balongpanggang., Kamis, (16/2/2023).

Lebih lanjut, Amri mengatakan telah dilakukan pengecekan oleh tim PU ke lokasi jembatan Dapet – Dawarblandong yg mengalami longsor dan sesuai hasil survey bersama, segera dilakukan penanganan tangkis disungai sambil nunggu surutnya air, setelah itu dilakukan pengurukan untuk pencegahan melebarnya ambrolnya badan jalan untuk sementara ini sudah dipasang police line sebagai pengamanan kendaraan yg lewat.

Kondisi tersebut, membuat Pemerintah Kecamatan Balongpanggang memberitahukan kepada seluruh kepala desa dan perangkat untuk mewaspadai akan meningkatnya debit air Kali Lamong, terutama desa yang sering di terjang banjir.

” Kita sudah infokan kepada Kepala Desa dan Perangkat untuk daerah yang biasa langgangan banjir untuk waspada, karena di dusun Jedong Desa Sekarputih, luapan air Kali Lamong sudah mulai masuk ke area pemukiman” tutup Amri.

Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah menyebabkan air Kali Lamong meluap. Banjir luapan Kali Lamong dipicu curah hujan tinggi di daerah Lamongan, Mojokerto dan Jombang. Tentunya menjadi kewaspadaan untuk wilayah yang di lalui Kali Lamong.

(Sueb / ean)

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp